Jungkook BTS, Vernon SEVENTEEN dan Soyeon (G)I-DLE Dipromosikan Menjadi Anggota Penuh KOMCA Tahun 2024!

Fadilah Hertika Putri
Sumber : Soompi

KEPAHIANG.PROGRES.ID Korea Music Copyright Association (KOMCA) umumkan anggota reguler yang dipromosikan menjadi anggota penuh untuk tahun 2024. Syarat untuk promosi ke status anggota penuh ini di antaranya adalah harus menjadi anggota asosiasi selama minimal 3 tahun dan mendapatkan royalti lebih dari 30 juta won.

Sekitar 51.000 komposer dan penulis lirik terdaftar sebagai anggota asosiasi pada Januari 2024. Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai “anggota junior”, tetapi dewan direksi memilih 30 anggota junior setiap tahun untuk dipromosikan menjadi “anggota penuh”. Sebanyak 27 anggota dipilih dari kategori utama, sedangkan tiga sisanya dipilih dari kategori non-utama.

Jungkook BTS, Vernon SEVENTEEN dan Soyeon (G)I-DLE menjadi idol yang dipromosikan menjadi anggota penuh KOMCA tahun 2024.

Jungkook jadi anggota keempat BTS yang jadi anggota penuh setelah SUGA, RM dan J-Hope. Sedangkan, Soyeon jadi member Girlgrup pertama dan idol wanita ketiga setelah IU dan BoA yang menjadi anggota penuh. Vernon jadi anggota kedua SEVENTEEN setelah Woozi yang dipromosikan menjadi anggota penuh.

Selain mereka, Ahn Jiyoung BOL4, Ahn Yeeun, Code Kunst, 250, Lee Suran, BIG Naughty, Rillermalz hingga TOIL jadi anggota reguler yang dipromosikan jadi anggota penuh KOMCA tahun 2024.