Pilkada Kepahiang 2024, Siapa yang Berpotensi Ikut Kontestasi?

Bakal kandidat calon bupati 2024

Tahapan Pemilu Serentak telah ditetapkan pada 14 Februari 2024. Tahapannya sudah akan bergulir Juni 2022 nanti. Untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) sendiri akan dilaksanakan pada Februari. Sementara untuk Pemilihan lokal (Pilkada) rencananya akan bergulir pada bulan November 2024.

Tentu layak untuk dinanti siapakah kandidat yang memiliki potensi menggantikan Hidayattullah Sjahid sebagai Bupati Kepahiang pada 2024 mendatang. Nama-nama yang akan penulis jabarkan berikut bukan berdasarkan hasil survey, namun hanya berdasarkan data perolehan suara pada Pileg tahun 2019 serta Pilkada 2020, serta jabatannya dalam parpol masing masing.

Berikut nama-nama potensial untuk maju pada Pilkada 2024. Urutan nama-nama yang penulis sajikan ini berdasarkan abjad.

1. Darmawansyah
Menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kepahiang dan menjabat sebagai anggota Legialatif di DPRD Provinsi Bengkulu. Ia memperoleh sebanyak 6.448 suara pada Pileg 2019 lalu. Dengan jabatannya sebagai ketua Partai Golkar Kabupaten Kepahiang, tentunya ia memiliki peluang untuk menjadi kandidat Cabup atau Cawabup pada Pilkada 2024 nanti.

2. Edwar Samsi
Edwar Samsi saat ini menjabat sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kepahiang. Ia juga duduk di kursi DPRD Provinsi Bengkulu. Pada Pileg 2019, ia mengantongi perolehan 9.518 suara mayarakat Kepahiang. Dengan posisi sebagai ketua partai dan memiliki konstituen yang mumpuni, Edwar memiliki peluang maju dalam kontestasi Pilkada nanti.

3. Firdaus Djailani
Menjabat sebagai ketua Partai Demokrat Kabupaten Kepahiang serta memperoleh 36.899 suara pada Pilkada 2020 berpasangan dengan Ujang Syaripudin, Firdaus memiliki kans untuk maju kembali pada Pilkada 2024.

4. Holil
Menjabat sebagai anggota DPRD Propinsi Bengkulu dari Partai Nasdem. Ia meraup 4.188 suara pada Pileg 2019.

5. Khairul Anwar
Politisi PDIP ini sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Propinsi Bengkulu. Namun pada Pileg 2019, beliau hanya berhasil memperoleh suara sebesar 5.441. Meski tidak melenggang ke kursi DPRD Provinsi Bengkulu lagi, namun ini dapat menjadi modal bagi Khairul Anwar untuk maju di Pilkada Kepahiang.

6. Ramli
Pernah menjabat sebagai anggota DPRD propinsi Bengkulu di periode sebelumnya. Pada pileg 2019 beliau meraup suara 4646. Modal ini tentunya membuka peluang beliau untuk ikut partisipasi dalam pilkada 2024

7. Rica Denis
Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Kepahiang. Ia pernah pula menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Kepahiang pada periode 2014-2019. Saat Pileg 2019 ia memperoleh 6.125 suara. Salah seorang kaum Hawa yang layak diperhitungkan untuk maju di Pilkada 2024.

8. Ujang Syaripudin
Pesaing pasangan Hidayattullah Sjahid-Zurdi Nata ini merupakan kandidat yang amat layak di perhitungkan. Pria yang akrab disapa Ujang Pupuk ini berpasangan dengan Firdaus Djailani pada Pilkada 2020. Perolehan suara Ujang-Daus hanya selisih tipis dengan pasangan Hidayattullah Sjahid – Zurdi Nata. Saat itu pasangan Dayat-Nata mempeeoleh 49.031 suara, sementara pasangan Ujang-Daus mengantongi 36.899 suara. Pengalaman pada kontestasi ini, tentu menjadi modal besar bagi Ujang  untuk bertarung kembali di Pilkada 2024

9. Windra Purnawan
Saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang dengan perolehan 2.715 suara di daerah Pemilihan Kepahiang I. Ia juga saat ini memegang jabatan strategis sebagai Sekretaris di Partai Nasdem Kepahiang. Dengan posisinya saat ini, tentu memberikan peluang dan berpotensi untuk maju pada Pilkada 2024.

10. Zainal
Menjabat sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Bengkulu dan saat ini duduk di kursi DPRD Provinsi Bengkulu dengan perolehan 6.215 suara. Zainal memiliki potensi untuk ikut maju dalam Pilkada 2024. Mantan Ketua DPRD Kepahiang ini pernah pula menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan DPRD Kepahiang dan Ketua BMA Kabupaten Kepahiang.

11. Zurdi Nata
Saat ini Zurdi Nata menjabat sebagai Wakil Bupati Kepahiang. Saat Pilkada 2020 mendampingi Hidayattullah Sjahid, Zurdi Nata mengantongi suara 49.031. Ia memiliki potensi yang amat besar untuk maju kembali di Pilkada 2024. Terlebih saat ini juga beliau diketahui menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Golkar Kabupaten Kepahiang.

Itulah nama-nama yang berpotensi ikut dalam bursa kontestasi Pilkada Kepahiang 2024. Sekali lagi, ini bukan survey, namun hanya opini penulis. Tentu saja, masih ada nama-nama lain yang mungkin akan muncul saat penjaringan yang dilakukan oleh partai politik menjelang kontestasi digelar.

 

Penulis adalah jurnalis Progres.id yang aktif menulis di media daring ini sejak 2016

sukseskan anbk smp



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.