Lowongan Kerja di BUMN! Berikut Cara Daftar dan Syarat Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Redaksi Progres
Rekrutmen Bersama BUMN/istimewa

KEPAHIANG.PROGRES.ID– Ingin bergabung dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Kini saatnya! Kementerian BUMN membuka Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 mulai tanggal 23 Maret hingga 1 April 2024.

Dalam program RBB kali ini, lebih dari 100 BUMN berpartisipasi dengan menawarkan 688 lowongan pekerjaan dan 1.830 posisi.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Alexandra Askandar, mengatakan bahwa batas usia untuk pelamar juga telah diperluas, mulai dari lulusan SMA hingga Magister.

Bagaimana cara mendaftar? Begini langkahnya:

Dikutip dari tata cara pendaftaran program BUMN tahun lalu, sebelum melamar dan memilih BUMN, calon peserta harus mendaftar dengan membuat akun online di website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

Berikut adalah cara registrasi akun Rekrutmen Bersama BUMN 2023 di website rekrutmenbersama.fhcibumn.id

  • Kunjungi website resmi Rekrutmen Bersama BUMN 2023 di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.
  • Pilih “Register” di pojok kanan atas halaman.
  • Isi data pribadi seperti nama sesuai akta lahir, nomor KTP, alamat email aktif, dan buat password.
  • Masukkan kode Captcha untuk verifikasi dan centang persetujuan.
  • Klik “Register Now” untuk konfirmasi.
  • Verifikasi akun akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan. Klik verifikasi di email sebagai langkah terakhir.

Tahapan seleksi akan melibatkan tes kemampuan dasar, tes akhlak, tes bahasa Inggris, tes wawasan kebangsaan, dan learning agility. Seleksi terakhir dilakukan di masing-masing BUMN dengan tes kemampuan bidang.

Lowongan pekerjaan di BUMN terbuka untuk berbagai latar belakang pendidikan mulai dari lulusan SMA hingga S2, baik fresh graduate maupun yang berpengalaman.

Tahun ini, ada beberapa pembaharuan termasuk kemudahan akses informasi melalui WhatsApp bisnis, implementasi Chatbot berbasis WhatsApp, dan frequently asked questions yang lebih detail di website.

“Yang berikutnya kami menyediakan juga seperti tahun yang sebelumnya frequently ask question pada website yang lebih detail dan mudah-mudahan hal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para calon peserta RBB 2024,” ungkapnya dikutip dari CNBC Indonesia.