Dukung Transformasi Sepak Bola Indonesia: Presiden Jokowi Bertolak ke Gelora Bung Tomo Buka Piala Dunia U-17 FIFA 2023 

Redaksi Progres
presiden fifa
Presiden Jokowi bersama Presiden FIFA Giovanni Infantino berbicara kepada jurnalis usai meresmikan kantor FIFA di Indonesia (Foto: Setkab)

KEPAHIANG.PROGRES.IDPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan komitmen pemerintah untuk terus melakukan transformasi dalam dunia sepak bola di tanah air.

Dukungan penuh dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) juga menjadi kunci utama dalam perjalanan transformasi ini.

“Kita sudah setahun yang lalu berbicara mengenai transformasi sepak bola Indonesia, dan kita serius, kita berkomitmen untuk memulai. Dan, ini didukung penuh oleh Presiden Gianni dengan kantor FIFA yang ada di Jakarta,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers setelah meresmikan Kantor FIFA di Jakarta pada Jumat (10/11/2023).

Presiden menekankan bahwa dukungan dari FIFA menandai fase baru dalam perkembangan sepak bola Indonesia. FIFA diharapkan dapat memberikan panduan dan support dalam berbagai aspek, termasuk manajemen pertandingan, tata kelola keamanan, serta perwasitan.

“Baik di manajemen pertandingan, di tata kelola keamanan, kemudian tata kelola perwasitan, manajemen keamanan di pertandingan, semuanya akan diberikan support, diberikan panduan oleh FIFA. Kita sekarang ini urusan perwasitan sudah diperbaiki, urusan infrastruktur stadion, 30 stadion sudah mulai direvitalisasi, sehingga nanti ini beriringan dengan tata kelola dan manajemen yang ada yang didukung oleh FIFA” tambah Presiden dilansir dari setkab.go.id.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyatakan bahwa FIFA akan memberikan dukungan penuh untuk pengembangan sepak bola di Indonesia, termasuk dalam hal tata kelola dan pemusatan pelatihan. Menurutnya, Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam dunia sepak bola, khususnya di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

“Kami benar-benar ingin memberikan dampak yang nyata, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh kawasan, bersama dengan Indonesia,” ujar Infantino.

Ia juga menambahkan bahwa kantor FIFA di Jakarta, pada awalnya, akan ditempati oleh 20-30 orang dan diharapkan dapat berkembang lebih besar di masa depan.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Jawa Timur untuk menghadiri Pembukaan Piala Dunia U-17 FIFA 2023 juga menjadi bagian dari agenda kerjanya, di mana ia bersama Ibu Iriana akan menyaksikan pertandingan sepak bola antara tim nasional Indonesia dan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya. Setelah itu, Presiden dijadwalkan untuk melanjutkan kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi.