Garuda Muda Tumbangkan Raksasa Asia dan Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23 2024!

Progres Kepahiang
selebrasi timnas indonesia u23
Tmnas Indonesia U23 merayakan kemenangan (Dok. The-AFC.com)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Sejarah kembali terukir! Timnas U-23 Indonesia menorehkan prestasi gemilang dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Garuda Muda menaklukkan raksasa Asia, Korea Selatan, melalui drama adu penalti 11-10 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024).

Pertandingan sengit tersaji sejak menit awal. Korea Selatan memimpin lebih dulu melalui Lee Kang Hee, namun golnya dianulir VAR karena offside. Indonesia kemudian berbalik unggul 1-0 berkat gol indah Rafael Struick dari luar kotak penalti.

Korea Selatan menyamakan kedudukan di akhir babak pertama melalui sundulan Eom Ji Sung. Struick kembali membawa Indonesia memimpin di awal babak kedua, namun Jeong Sang Bin menyamakan skor di menit ke-84.

Dengan 10 pemain setelah Lee Young Jun dikartu merah, Korea Selatan tetap gigih mencari gol kemenangan. Namun, hingga peluit akhir, skor 2-2 tak berubah dan laga berlanjut ke adu penalti.

Di babak adu penalti, kiper Ernando Ari menjadi pahlawan dengan menggagalkan tendangan penentu Korea Selatan. Pratama Arhan menjadi eksekutor terakhir dan sukses membawa Indonesia melaju ke semifinal.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir tak kuasa menahan kegembiraannya. “Alhamdulillah semifinal! Kemenangan luar biasa atas Korea Selatan,” tulisnya di akun Instagram. “Bermain dengan nyali, disiplin dalam bertahan dan efektif di lini depan membuat harapan Merah Putih menuju Olimpiade terbuka lebar. Bangga!”

Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi. Mari dukung Garuda Muda terus mengukir sejarah!