Ini 2 Skenario Indonesia U23 Agar Bisa Ikut Olimpiade Prancis 2024

Progres Kepahiang
timnas indonesia u-23
Timnas Indonesia U-23 (Foto: PSSI.org)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024 tidak menutup peluang bagi Garuda Muda untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Meskipun demikian, masih ada dua cara tersisa bagi Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut.

Pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4), Indonesia menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari Uzbekistan.

Gol bunuh diri Pratama Arhan dan gol dari Khusayin Norchaev membuat Indonesia terpaksa mengakui keunggulan Uzbekistan, yang untuk kali kedua beruntun melaju ke final Piala Asia U-23.

Namun, meski kalah di semifinal, peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris masih terbuka. Berikut adalah dua cara yang masih tersedia bagi Indonesia:

1. Menang pada pertandingan perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024

Setelah kekalahan dari Uzbekistan, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Irak dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Hasil dari pertandingan ini akan menentukan satu tiket otomatis untuk lolos ke Olimpiade 2024.

AFC memiliki tiga slot otomatis untuk cabang sepak bola Olimpiade 2024. Selain Jepang dan Uzbekistan, satu tiket terakhir akan diperebutkan antara Indonesia dan Irak. Pertandingan ini akan kembali digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (2/5).

2. Menang dalam playoff Antarkonfederasi

Jika Timnas Indonesia U-23 kalah dalam pertandingan perebutan peringkat tiga melawan Irak, masih ada satu peluang terakhir bagi mereka untuk mencapai Olimpiade Paris. Cara ini adalah melalui playoff antarkonfederasi.

Tim peringkat empat Piala Asia U-23 2024 akan bertemu dengan tim peringkat empat Piala Afrika Nations Cup U-23 2023, yaitu Guinea, dalam pertandingan playoff. Pemenang dari pertandingan ini akan merebut satu tiket terakhir untuk bermain di Olimpiade 2024.

Pertandingan playoff antara wakil Asia dan Afrika dijadwalkan berlangsung di INF Clairefontaine, Prancis, pada tanggal 9 Mei mendatang. Tim pemenang akan memperoleh tiket terakhir untuk berkompetisi di Olimpiade 2024, yang akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus.