Berita  

Eskalasi Kekerasan di Timur Tengah, AS Dukung Israel dalam Konflik Melawan Hamas Kirim Kapal Perang dan Jet Tempur

Redaksi Progres
Foto: Kapal Perang Amerika Serikat (AS) (NTB/AFP via Getty Images/TERJE PEDERSEN)

KEPAHIANG,PROGRES.ID– Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan bantuan militer ke Israel dalam konteks eskalasi konflik dengan faksi Palestina, Hamas. Kapal-kapal perang dan jet tempur AS juga telah mulai bergeser ke wilayah Mediterania Timur.

Konflik antara Israel dan Hamas telah berlangsung sejak Sabtu, memicu respons dari pemerintahan AS. Presiden AS Joe Biden menggambarkan serangan Hamas sebagai “mengerikan” dan menyatakan keprihatinannya.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengonfirmasi pengiriman bantuan militer tersebut, termasuk sebuah kapal penjelajah rudal dan empat kapal perusak rudal yang sedang menuju ke wilayah tersebut. Kapal induk USS Gerald R. Ford adalah salah satu di antaranya. Selain itu, jet tempur AS juga akan dikirim untuk mendukung Israel dalam konflik ini.

“Sebuah kapal penjelajah rudal dan empat kapal perusak rudal sedang menuju ke wilayah tersebut, Jet tempur AS juga akan dikirim,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin merujuk kapal induk USS Gerald R. Ford, dikutip BBC International, Senin (9/10/2023).

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa bantuan lebih lanjut akan disediakan dalam beberapa hari ke depan. Pemerintah AS berusaha memastikan bahwa Israel tidak akan diserang oleh musuh-musuhnya selama konflik ini berlangsung.