Berita  

Upaya Mediasi, Pangeran Arab Saudi MBS Turun Tangan dalam Konflik Hamas-Israel

Redaksi Progres
Foto: Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman (MBS) (AP/Bandar Aljaloud)

KEPAHIANG,PROGRES.IDPangeran Mohammad bin Salman (MBS), Putra Mahkota Arab Saudi, telah terlibat dalam upaya penyelesaian konflik antara Hamas, faksi Palestina di Jalur Gaza, dan Israel. Penguasa de facto Arab Saudi ini dikabarkan telah menghubungi Presiden Palestina Mahmud Abbas dengan tujuan untuk mengatasi situasi yang semakin memanas.

Pangeran MBS menekankan bahwa Arab Saudi ingin mencegah perluasan konflik tersebut dan menegaskan komitmen negaranya terhadap Palestina. Dia menyatakan bahwa Arab Saudi terus mendukung rakyat Palestina dalam mencapai hak mereka untuk kehidupan yang layak serta perdamaian yang adil dan abadi.

Arab Saudi terus mendukung rakyat Palestina untuk mencapai hak sah mereka atas kehidupan yang layak,” katanya dimuat AFP mengutip laporan kantor berita resmi Saudi Press Agency, Selasa (10/10/2023).

“Guna mencapai harapan dan aspirasi mereka, dan mencapai perdamaian yang adil dan abadi,” tegasnya.

Pernyataan ini muncul setelah Kementerian Luar Negeri Arab Saudi sebelumnya juga merespons eskalasi konflik tersebut. Kerajaan Arab Saudi telah menyerukan penghentian segera eskalasi antara kedua belah pihak, perlindungan warga sipil, dan pengendalian diri.