Peresmian Bendungan Cipanas Sumedang, Wapres Ma’ruf Amin: Semoga Produksi Pengan Meningkat

Progres Kepahiang
peresmian bendungan cipanas sumedang
Peresmian bendungan Cipanas, Sumedang, Jawa Barat (Foto: Wapresri.go.id)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Pada Selasa, 9 Juli 2024, Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas yang terletak di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Acara ini menandai pencapaian penting dalam pengembangan infrastruktur air di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf menyoroti peran vital bendungan dalam mendukung kehidupan manusia dan ekonomi. Bendungan ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber air baku, tetapi juga berperan dalam ketahanan pangan dan energi.

“Bendungan ini akan memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat seperti irigasi pertanian, sumber air baku, pengendali banjir, dan pembangkit listrik,” jelas Wapres dinukil dari Wapresri.go.id.

Lebih lanjut, Wapres menambahkan bahwa bendungan ini akan meningkatkan intensitas tanam dan produktivitas lahan pertanian di sekitarnya. Selain itu, bendungan ini berpotensi menjadi destinasi wisata baru yang akan meningkatkan perekonomian lokal.

Wapres menegaskan bahwa manfaat Bendungan Cipanas harus dirasakan maksimal oleh masyarakat di Kabupaten Sumedang, Indramayu, dan sekitarnya, terutama dalam mendukung produktivitas pertanian, industri, dan penyediaan air bersih serta pengurangan risiko banjir.