Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Penting Bagi Minat Belajar Siswa

Progres Kepahiang
Nining Fawely pasju
Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Kepahiang Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM (Foto: Dok. PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang Nining Fawely Pasju mendorong guru di Kabupaten Kepahiang, khususnya guru tingkat SD dan SMP untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.

Menurutnya, penggunaan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan proses belajar mengajar lebih menyenangkan.

“Kami mendorong guru-guru untuk inovatif dan merealisasikan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi,” saran Nining.

Ia memberi contoh, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi itu seperti penggunaan proyektor yang menampilkan slide PowerPoint dan video pembelajaran.

“Misalnya dengan menampilkan video pembelajaran, animasi atau yang sederhana dengan slide tapi ditambahkan gambar-gambar yang menarik. Dengan begitu proses belajar lebih menyenangkan dan siswa lebih berminat mengikuti pembelajaran,” imbuh Nining.

Untuk itu, guru-guru diharapkan bisa memanfaatkan media berbasis teknologi dan tidak gagap komputer.

“Guru-guru baru saya rasa lebih mudah memanfaatkan teknologi. Tapi bukan berarti yang senior tidak mampu. Kalau ada kemauan untuk maju dan memajukan pendidikan di Kepahiang, semuanya bisa kita raih,” terangnya lagi.

Dinas Dikbud juga akan mendukung terus pemenuhan sarana dan prasarana sekolah agar bisa merealisasikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi.

“Bagi sekolah yang sarana dan prasananya belum memungkinkan untuk penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, tentu tidak bisa dipaksakan. Kami akan upayakan sekolah-sekolah di Kabupaten Kepahiang memiliki akses listrik dan memiliki proyektor serta penunjang lainnya,” demikian Nining.

(red/ad)

Baca berita lainnya dari Progres Kepahiang di Google News

sukseskan anbk smp



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.