Hidayattullah Sjahid dan Visi Menuju Kepahiang Mandiri

Desember 4, 2018
Featured Sosok 0   283 views 0
Hidayattullah sjahid

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid

Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM adalah bupati definitif kedua Kabupaten Kepahiang. Salah satu dari 5 peraih Korpri Award 2018 ini memiliki visi menjadikan Kabupaten Kepahiang yang Maju, Mandiri dan Sejahtera yang merupakan slogan program kepemimpinannya bersama Netti Herawati, S.Sos.

Jauh sebelum ini, Bupati Hidayattullah Sjahid telah memegang penghargaan di berbagai bidang, mulai dari Satya Lencana Karya Satya XXX tahun 2013 dari Presiden RI, penghargaan Indonesia Menuju ASEAN Economic Community (AEC): Investment Grade Rating & AEC 2012 dari Risk Management Guard BRANDNA. Ia pun bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah favorit dari surat kabar Harian Rakyat Bengkulu serta penghargaan lainnya.

Hidayattullah Sjahid pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Kepahiang Kepahiang pada 14 Januari 2004 hingga 1 April 2005. Beliau adalah putra Rejang yang lahir di Curup, 26 Juli 1957. Ia pernah menjabat posisi strategis di Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (DKN), yakni sebagai Pembantu Deputi Urusan Ekonomi Kedeputian & Pengembangan. Di DKN pula, ia pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Geografi Kedeputian Sistem Nasional, yakni pada Tahun 2011 hingga 2012.

Suami Efie M Hidayat ini menikah pada 20 Mei 1990 dan dikaruniai 3 anak, yakni Aurellia Dayefiandri, Gregory Dayefiandro dan Luqyana Humaira. Sebagai putra Rejang, Hidayatullah menjalani masa kecilnya di Curup, Rejang Lebong. Ia kemudian melanjutkan pendidikan dasar di SD Negeri 8 Curup pada 1969 yang kemudian ia lanjutkan ke SMP 1 Bandung, Jawa Barat pada 1972. Lulus dari SMP 1 Bandung, Hidayattullah Sjahid melanjutkan studi di SMA Negeri 28 Jakarta (Ilmu pasti dan ilmu alam) pada 1976.

Gelar Strata I peroleh dari Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Manajemen Hutan. Merasa perlu mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, ia pun menempuh pendidikan Strata 2 di Universitas Syiah Kuala (Program Magister Manajemen), Aceh pada 1999. Ia pun lulus dengan predikat cumlaude. Gelar Doktor ia dapatkan dari Universitas Padjadjaran (Program Doktor Ilmu Sosial dan Politik).

Berbagai jabatan di Kementerian Kehutanan dan Pemprov Bengkulu pernah pula didudukinya. Antara lain, sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu dan Kakanwil Dephut Provinsi Bengkulu.

Kini, sebagai Bupati Kepahiang yang sudah dua tahun menjabat, telah banyak hal yang diperbuat. Bupati Hidayat berambisi membangun jalan menuju daerah-daerah terpencil agar perekonomian masyarakat kian membaik. Pada masa kepemimpinannya pula, Masjid Agung Kepahiang yang sejak lama diidam-idamkan akhirnya mulai dibangun.

Selain itu, Bupati Hidayat juga berambisi memajukan sektor pariwisata Kepahiang agar dikenal secara nasional dan internasional.

“Kepahiang punya potensi yang luar biasa untuk dieksplor. Saya yang tentu tidak sendiri, akan membangun Kepahiang lebih baik dan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kepahiang dan Provinsi Bengkulu,” ujarnya.(prw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.