Beasiswa Baznas 2023, Tersedia Bagi 5.000 Santri MA, Cek Link Unduh Formulir dan Pendaftaran di Sini!

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Berita menggembirakan bagi para santri berprestasi yang saat ini berada di kelas XII MA atau sederajat, karena Beasiswa Santri Baznas 2023 telah resmi dibuka. Program beasiswa ini dirancang sebagai persiapan untuk melanjutkan pendidikan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi favorit pada tahun mendatang.

Badan Amil Zakat Nasional menargetkan akan ada 5.000 santri berprestasi di seluruh Indonesia yang menjadi penerima manfaat dari program ini.

Proses pendaftaran dapat dilakukan hingga tanggal 30 November 2023, dan pesantren memiliki kewenangan untuk mengajukan hingga 30 santri sebagai calon penerima beasiswa melalui tautan pendaftaran yang telah disediakan.

Fasilitas yang disediakan oleh Beasiswa Santri Baznas 2023 akan disalurkan melalui pesantren, dan total bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp 4 juta. Beasiswa ini bersifat one-time dengan durasi hingga lulus masuk PTN atau perguruan tinggi favorit.

Komponen pembiayaan mencakup biaya bimbingan belajar persiapan masuk perguruan tinggi, pembuatan atribut (banner/backdrop, kaos, dsb.), biaya daftar seleksi ujian tulis (SNBT atau UMPTKIN), biaya try out, dan lainnya.

Berikut adalah syarat bagi calon penerima Beasiswa Santri Baznas 2023:

Syarat Siswa:

  1. Santri MA atau sederajat yang memiliki status aktif dan berprestasi dari pesantren di seluruh Indonesia.
  2. Diutamakan untuk santri duafa yang berprestasi, namun santri umum yang ingin melanjutkan ke PTN atau perguruan tinggi favorit juga dapat mendaftar.
  3. Memiliki keinginan untuk melanjutkan ke PTN.
  4. Bersedia mengikuti program masuk PTN.
  5. Pendaftaran dilakukan secara kolektif oleh pengurus pesantren.

Syarat Pesantren:

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Mengunggah proposal pengajuan yang mencakup SK pendirian pesantren, SK ijin operasional pesantren (SK IJOP) dari Kemenag, SK pengangkatan pimpinan, foto KTP pimpinan, foto rekening bank instansi (bank syariah), NPWP pesantren, surat keterangan santri aktif sekolah, dan dokumentasi bangunan/gedung pesantren.
  3. Mengunggah daftar santri ajuan.
  4. Mengunggah strategi program yang berisi mekanisme program, data santri ajuan, data lulusan tiga tahun terakhir, dan RAB.

Pesantren dapat melengkapi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumennya melalui dengan format file yang sesuai. Panduan dan format dokumen lainnya dapat diunduh dari .

Jadwal Beasiswa Santri Baznas 2023 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran: 15-30 November 2023
  • Seleksi administrasi dan substansi: 1-7 Desember 2023
  • Verifikasi akhir: 8-10 Desember 2023
  • Pengajuan SK kelulusan: 11-15 Desember 2023
  • Pengumuman SK kelulusan: 16 Desember 2023
  • Pencairan ke rekening pesantren: 17-23 Desember 2023
  • Temu perdana dengan pesantren: Januari 2024

Demikianlah informasi beasiswa Baznas 2023. Semoga bermanfaat!

Sumber: DetikEdu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *