Naik Mobil Maung Pindad, Kachina dan Keyla Bawa Bendera dan Teks Proklamasi

progres logo
paskibraka di maung pindad
Paskibraka naik Maung Pindad (Foto: Biro Setpres)

KEPAHIANG.PROGRES.ID – Pada prosesi kirab yang berlangsung dari Monas menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (10/08/2024) dua anggota Purna-Paskibraka, Kachina Ozora dan Keyla Azzahra Purnama, mengemban tugas penting.

Kachina memegang replika bendera Merah Putih, sementara Keyla membawa teks proklamasi, keduanya ditempatkan di dalam mobil Maung Pindad.

Dalam laporan dari Sekretariat Presiden (Setpres) di Jakarta, Kachina terlihat duduk di kursi tepat di belakang pengemudi, dengan bendera Merah Putih di pangkuannya.

Di sebelahnya, Keyla menjaga teks proklamasi. Kedua pelajar tersebut tampil memukau dengan semangat nasionalisme yang terpancar jelas, mengenakan seragam Paskibraka yang identik dengan warna merah dan putih, serta membawa bendera dan teks proklamasi dalam kotak kayu berukir.

Kachina adalah perwakilan dari Kalimantan Tengah yang sebelumnya pernah bertugas sebagai Pemimpin Upacara Paskibraka di Istana Negara pada 15 Agustus 2023. Siswi SMA Negeri 2 Palangka Raya kelahiran 26 Juni 2007 ini telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam berbagai kegiatan berskala nasional.

Sementara itu, Keyla, siswi SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan, lahir pada 10 September 2007. Ia memiliki pengalaman menjadi penerima bendera saat upacara penurunan bendera oleh Paskibraka Nasional 2023 di Istana Negara, Jakarta.

Prosesi kirab bendera dimulai di Monas dengan upacara resmi pada pukul 06.00 WIB, yang dihadiri oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, di Cawan Monas, tempat penyimpanan bendera Merah Putih dan teks proklamasi. Sekitar pukul 08.00 WIB, bendera dan teks proklamasi secara resmi diserahkan kepada Kachina dan Keyla.

Rombongan yang membawa bendera dan teks proklamasi kemudian melangkah dengan tegap menuju rangkaian kendaraan Maung, diiringi pengawalan dari Paspampres. Pelepasan rombongan kirab ini ditandai dengan penghormatan pasukan, serta pertunjukan marching band dan pasukan berkuda di pelataran Monas.

Iring-iringan kirab kemudian melaju dari Monas menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, melewati Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, dan Semanggi. Diperkirakan, perjalanan sepanjang 14 kilometer tersebut memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit sebelum bendera dan teks proklamasi diterbangkan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur menggunakan pesawat TNI AU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *