Rekor Panas, 10 Kota Terpanas di Indonesia Tercatat pada Oktober 2023

logo favicon progres kepahiang

KEPAHIANG,PROGRES.ID- Cuaca panas masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, dan beberapa kota mengalami suhu lebih tinggi daripada yang lain. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis daftar kota terpanas di Indonesia dari tanggal 4 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB hingga 5 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan laporan suhu maksimum harian yang diunggah melalui akun Instagram resmi (@infobmkg), Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, merupakan kota terpanas di Indonesia dengan suhu tertinggi mencapai 37,4 derajat Celsius.

Di posisi kedua sebagai kota terpanas terdapat Jawa Tengah dengan suhu maksimum mencapai 37,2 derajat Celsius. Data ini terekam oleh Stasiun Klimatologi Jawa Tengah.

Sementara itu, posisi ketiga kota terpanas di Indonesia ditempati oleh Tangerang Selatan dengan suhu maksimal mencapai 36,3 derajat Celsius. Angka ini berdasarkan data yang dicatat oleh Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II di Tangerang Selatan.

Menurut BMKG, ada beberapa faktor utama yang menjadi penyebab suhu udara panas di Indonesia, seperti musim kemarau, pergerakan semu matahari ke selatan ekuator, dan faktor alam lainnya. BMKG juga mencatat bahwa faktor-faktor lain, seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembapan udara, juga berperan dalam memengaruhi suhu panas di suatu wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *